Tips Mudah Mengatasi Batuk Malam Hari

http://sehatins.blogspot.co.id/

Batuk di malam hari memang sangat mengganggu, bagaimana tidak, di saat kita perlu waktu untuk istirahat, batuk datang mengganggu. Batuk di malam hari selain karena cuaca, dan debu, juga dikarenakan gravitasi bumi.

Menurut Mitchell Blass, MD. seorang spesialis penyakit menular di Georgia Infectious Diseases, ketika kita berbaring di malam hari maka akan terjadi sumbatan di saluran pernapasan, dan mengakibatkan refleks gastroesophageal untuk membuang lendir. Terjadilah batuk-batuk.

Cara sederhananya adalah dengan menopang tubuh dengan bantal agar posisi kepala lebih tinggi, sehingga posisi lendir berada diposisi belakang tenggorokan.

Selain cara sederhana di atas, berikut ada beberapa tips yang bisa dipakai dalam meredakan batuk di malam hari.

Minum Teh Campur Madu
Menyeduh teh, lebih bagus kalau teh herbal, dicampur madu lumayan meredakan batuk. Air teh hangat mampu dengan mudah memecah lendir di tenggorokan, madu dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Perbaiki Gaya Tidur
Jika gaya telentang membuat batuk, maka cobalah ubah gaya tidur Anda. Simpanlah beberapa bantal di bawah punggung sehingga kepala lebih tinggi. Dengan begitu batuk bisa berkurang.

Menggunakan Uap
Sebelum tidur mandi air hangat. Selain mengembalikan kesegaran tubuh, uap air hangat juga bisa mengurai lendir di tenggorokan. Apalagi jika airnya dicampur rempah-rempah.

Perhatikan Kelembaban Ruangan
Udara yang kering termasuk penyebab batuk, tapi udara lembab pun bisa menyebabkan batuk. Udara lembabpun sangat digemari alregan seperti tungau dan jamur. Baiknya kamar tidur cukup udara dan cahaya supaya tidak lembab.

Baca Juga: Fakta Batuk Yang Wajib Diketahui

Simpan Semua Obat dan Perlengkapan Dekat Tempat Tidur
Ketika kita terserang batuk terutama saat malam hari tentunya akan sangat kerepotan manakala obat-obatan dan alat bantu letaknya jauh dari jangkauan, atau tersebar di seantero rumah. Sebaiknya menjelang tidur simpan segala keperluan; obat batuk, air, dan alat bantu napas di dekat tempat tidur.

Mencuci Seprei dan Selimut
Alergan akan suka berada di tempat tempat kotor, tak terkecuali seprei, selimut, dan sarung bantal. Cucilah secara rutin agar tempat tidur selalu bersih dan terbebas dari alergan pemicu batuk.

Cermat Memilih Obat
Ketika batuk dan hendak membeli obat, pilihlah obat batuk type OTC (Over The Counter). Obat jenis ekspektoran ini bisa membantu dengan dua cara; membantu melonggarkan lendir, dan mengurangi dorongan untuk batuk.

Berobat ke Dokter
Jika dalam 7 hari berturut batuk tidak mereda, maka saatnya berobat ke dokter. Konsultasikan segala penyebab batuk, dan cara mengobatinya.

Sumber: Liputan6.com




 




0 Response to "Tips Mudah Mengatasi Batuk Malam Hari"

Post a Comment